Pages

Bakteri Jerawat Propionibacterium Acnes, Informasi Shineskin Indonesia


Jika selama ini kamu hanya mengetahui bahwa jerawat disebabkan oleh hormon dan kebiasaan yang kurang menjaga kebersihan, maka itu kurang benar. Dunia kesehatan menemukan bahwa munculnya jerawat di wajah disebabkan oleh hewan yang sangat kecil bernama bakteri. Nama spesiesnya yaitu Propionibacterium Acnes. Lalu fakta apa saja yang perlu kamu tahu tentang bakteri tersebut? mari kita cari tau!

Cara Atasi Alis yang Rontok

1. Bakteri apa yang menyebabkan jerawat?

Propionibacterium Acnes merupakan mikroba kecil yang hidup pada area pori-pori kulit yang banyak mengandung sebum atau minyak. Bakteri tersebut menyerang sistem imunitas yang bisa menyebabkan munculnya kulit kemerahan, bengkak kecil yang membentuk jerawat di kulit.

2. Apa ciri munculnya bakteri Propionibacterium Acnes?

Awal gejala munculnya jerawat sebagai ciri-ciri munculnya Propionibacterium Acnes agak susah dikenali. Biasanya efek dari bakteri ini yaitu dicirikan dengan muntah, sakit kepala, mual, lesu, dan atau perubahan status mental bisa terjadi akibat bakteri ini.

3. Apakah jerawat yang disebabkan oleh  bakteri Propionibacterium Acnes bisa menular?


Jawabannya tentu saja tidak. Jerawat tidak bisa menular. walaupun jerawat disebabkan oleh bakteri Propionibacterium Acnes, akan tetapi jerawat tidak menyebar seperti infeksi oleh bakteri lainnya, layaknya bakteri Vibrio Cholerae. Hal yang pelu anda tahu ialah hampir setiap orang memiliki bakteri Propionibacterium Acnes di kulit wajah, namun kombinasi dengan faktor lain menyebabkan terbentuknya jerawat.

4. Bagaimana menghentikan pertumbuhan bakteri Propionibacterium Acnes?


Untuk menghentikan munculnya bekas jerawat, jangan pernah mencoba menjepit dan memencet jerawat. Lakukan perawatan pada area kulit berjerawat dengan cara membersihkan kulit dengan kain pembersih lembut, sabun wajah, dan air hangat sesuai. Lakukan setidaknya tiga kali dalam sehari agar jerawat cepat hilang.